Standar Pengukur Kabel untuk Tata Letak Model Miniatur Kereta Api

Standar Pengukur Kabel untuk Tata Letak Model Miniatur Kereta Api“Berapa ukuran kabel yang harus saya gunakan?” selalu menjadi salah satu pertanyaan pertama yang ditanyakan ketika seseorang mulai membangun model kereta api . Tentu saja, jawaban atas pertanyaan itu bergantung pada banyak hal. Beberapa variabelnya jelas, yang lain tidak begitu banyak.

Standar Pengukur Kabel untuk Tata Letak Model Miniatur Kereta Api

machinist-materials – Proyek pengkabelan yang berbeda membutuhkan standar yang berbeda. Berikut adalah beberapa panduan untuk pekerjaan perkabelan paling umum yang akan Anda temukan. Perhatikan bahwa ketika bekerja dengan produk tertentu, pabrikan sering merekomendasikan ukuran dan jenis kabel. Jika ya, ikuti rekomendasi mereka.

Pertama, beberapa catatan umum tentang memilih kabel. Pengukur kawat diberi kode berdasarkan ukurannya. Semakin kecil angkanya, semakin besar kabelnya. Kawat juga dapat dibeli dalam bentuk padat atau terdampar. Kawat padat dan terdampar dari ukuran yang sama akan memiliki diameter total yang sama. Tapi kawat padat 12-gauge adalah satu untai, sedangkan kawat 12-gauge yang terdampar dapat terdiri dari lebih dari selusin untaian individual yang jauh lebih kecil yang dipintal menjadi satu.

Baca Juga : Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Set Kereta Listrik Terbaik

Dalam kebanyakan kasus, kabel yang terdampar lebih disukai karena banyak utas memberikan lebih banyak konduktivitas dan fleksibilitas. Namun, ada kalanya kawat padat memiliki kelebihan, terutama saat menyolder di lokasi kecil. Beberapa sistem DCC juga merekomendasikan kawat padat untuk aplikasi tertentu.

Insulasi di bagian luar kawat juga sangat bervariasi. Dalam kebanyakan kasus, karena kita berurusan dengan voltase dan arus listrik yang relatif rendah dan dalam iklim suhu dan kelembapan yang biasanya stabil, perkabelan kita tidak memerlukan insulasi tambahan. Jika Anda mengalami masalah dengan kabel karena kelembapan, misalnya, Anda akan menghadapi masalah yang lebih besar dengan kereta dan jalurnya sendiri. Kereta api luar ruangan, tentu saja, merupakan pengecualian! Insulasi yang lebih berat tidak hanya menambah biaya kawat tetapi juga membuatnya lebih sulit untuk ditekuk.

Kabel multi-konduktor juga tersedia. Ini berbeda dari kabel yang terdampar karena kabel individu yang berbeda, masing-masing dengan insulasi berkode warna, ditempatkan di dalam bungkus insulasi sekunder. Tiga kabel konduktor umum untuk penggunaan rumah tangga. Kabel multi-konduktor dengan banyak helai kabel yang lebih halus lebih umum digunakan untuk telekomunikasi dan elektronik. Ini semua dapat digunakan untuk tata letak Anda.

Meskipun tidak akan berdampak pada kinerja kabel di dalamnya, memilih beberapa warna kabel, dan menstandarkan warna tertentu untuk setiap fungsi, akan sangat membantu dalam membuat kabel Anda lebih mudah dipasang dan lebih mudah mendeteksi kekurangan di kemudian hari. . Ada beberapa standar dalam hal kode warna. Dekoder DCC adalah salah satu contoh bagus di mana warna kabel sangat penting. Meskipun belum tentu merupakan standar yang diamanatkan, putih, hitam, dan atau merah digunakan untuk daya track di sebagian besar tata letak – jika tidak ada alasan lain selain warna ini paling mudah ditemukan.

Lacak dan Pengumpan

Saat tata letak Anda berkembang melampaui lintasan oval dasar yang disertakan dengan sebagian besar set starter, jaringan distribusi daya yang baik sangat penting untuk mendapatkan kinerja yang konsisten dari kereta Anda secara keseluruhan. Kabel bus ini seringkali lebih penting daripada ukuran catu daya itu sendiri untuk mendapatkan hasil yang baik.

Anda juga dapat meminimalkan penurunan tegangan pada sambungan rel dengan menyatukan rel.

Untuk sebagian besar tata letak, dan sebagian besar timbangan, kabel terdampar Nomor 14 paling cocok untuk bus Anda. Jika Anda memiliki jangka waktu yang sangat lama, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kabel Nomor 12. Tata letak yang lebih kecil (tipikal 4 kaki kali 8 kaki adalah contoh yang baik) biasanya dapat bertahan dengan Nomor 16 karena panjang lari dari catu daya ke trek tidak pernah lebih dari beberapa kaki.

Meskipun tergoda untuk menggunakan kabel sebesar mungkin untuk menjamin kelebihan kapasitas, ada kelemahan untuk memasukkan lebih dari yang Anda butuhkan. Kawat yang lebih besar biasanya lebih mahal dan lebih menantang untuk dikerjakan. Selain kabel itu sendiri, konektor seperti terminal crimp-on dan blok terminal juga harus dibeli dalam ukuran yang lebih besar (dan lebih mahal). Tentu saja, jika Anda memiliki cukup kabel Nomor 12 yang tersisa dari proyek renovasi rumah untuk memasang semua bus pada tata letak kecil Anda, itu tidak akan merugikan.

Namun, Anda tidak ingin mencoba menyolder kabel pengukur Nomor 16 langsung ke rel Anda. Kabel pengumpan yang lebih kecil digunakan untuk menjembatani celah kecil dari bus ke trek. Kawat padat nomor 22 bekerja paling baik pada sebagian besar timbangan. Kawat padat lebih disukai karena lebih mudah disolder ke rel.

Sebagian besar pengumpan hanya memiliki panjang beberapa inci sehingga kabel berdiameter lebih kecil tidak akan menjadi masalah.

Yang terbaik adalah menggunakan setidaknya dua warna berbeda untuk kabel trek Anda (satu untuk setiap rel). Putih dan hitam adalah pilihan umum. Lionel menggunakan warna merah dan hitam (selalu merah untuk rel tengah, hitam untuk dua rel luar) sebagai standar dalam instruksinya dan sebagian besar tata letak O Gauge 3-Rail mungkin dihubungkan dengan cara ini.

Jika Anda memasang kabel dengan common rail untuk blok Anda, menjaga common rail dengan warna yang sama sepanjang waktu sambil mengubah warna untuk rel lain di setiap blok juga merupakan pilihan. Apa pun warna dan pola yang Anda pilih, pastikan untuk menyimpan notebook yang bagus untuk referensi nanti.

Pencahayaan dan Aksesoris

Menambahkan lampu ke gedung, jalan, dan aksesori pemandangan lainnya biasanya tidak memerlukan permintaan arus listrik yang mendekati dari kereta itu sendiri. Kabel nomor 26 hingga 20 (tergantung pada panjang bus Anda) akan cukup untuk sebagian besar aplikasi. Jika Anda hanya menggunakan LED untuk penerangan, Anda bisa menggunakan lebih sedikit lagi.

Sama seperti track bus dan pengumpan Anda, menjalankan bus aksesori dari kabel yang sedikit lebih berat untuk menyambung ke setiap lampu atau aksesori dengan pengumpan yang lebih kecil adalah rencana yang bagus.

Ini juga merupakan ide bagus untuk melepaskan aksesori Anda dari catu daya dan jaringan kabel terpisah dari kereta itu sendiri. Ini menghemat catu daya kereta untuk kebutuhan mereka dan membuat pemecahan masalah menjadi lebih mudah.

Beralih Mesin dan Motor

Terlepas dari skala Anda, semua mesin sakelar kereta api model termasuk dalam salah satu dari dua kategori, motor listrik gerak lambat atau relai “kumparan kembar”. Dan sekali lagi terlepas dari skala atau pabrikannya, mesin sakelar dari kedua jenis ini akan memiliki kebutuhan dan kinerja yang serupa.

Mesin koil kembar memiliki penarikan arus yang lebih tinggi saat bergerak tetapi juga bekerja lebih cepat daripada versi bermotor. Namun, dalam kedua kasus, tarikan tegangan dan arus listrik rendah dan puncaknya hanya untuk periode singkat.

Oleh karena itu, seperti lampu dan aksesori, catu daya dan kabel untuk mesin sakelar tidak perlu sekuat itu. Sekali lagi, catu daya dan bus distribusi independen adalah ide bagus untuk sakelar Anda.

Kabel nomor 24 hingga Nomor 20 semuanya akan berfungsi dengan sebagian besar tata letak. Sekali lagi, jika Anda memiliki waktu yang sangat lama di antara sakelar, menjadi sedikit lebih besar cenderung menyebabkan masalah dengan kehilangan voltase.

Panel Kontrol dan Proyek Elektronik

Bagian belakang panel kontrol dapat berubah menjadi “sarang tikus” kabel dengan sangat cepat. Dengan banyak sakelar, lampu, catu daya, dan lainnya, semuanya terkonsentrasi di ruang kecil, kode warna, dan kerapian terbayar.

Pilihan yang lebih disukai untuk panel kontrol kabel adalah kabel telepon atau telekomunikasi. Kawat ini sangat halus dan dapat ditemukan dalam banyak kombinasi warna. Karena lintasannya pendek dan permintaan daya sangat rendah, kabel halus ini tidak menimbulkan ancaman keselamatan.

Hal yang sama berlaku untuk proyek elektronik lainnya di sekitar tata letak Anda dan di dalam gedung, gerbong kereta, dan bahkan lokomotif. Kabel terkecil yang dapat Anda gunakan akan lebih dari cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.