Mengulas Lebih Jauh Tentang EMD DDA40X

Mengulas Lebih Jauh Tentang EMD DDA40X – EMD DDA40X ini itu merupakan salah satu dari jenis lokomotif DD 6.600 hp (4.943 kW) , dibangun dari tahun 1969 hingga pada tahun ke-1971 yang ada pada khusus untuk sebuah kereta Union Pacific Railroad.

Mengulas Lebih Jauh Tentang EMD DDA40X

machinist-materials – Ini adalah model lokomotif jenis diesel dan juga listrik paling kuat yang pernah dibuat dengan kerangka tunggal, memiliki dua penggerak utama diesel 16-645E3A. Union Pacific ini juga telah menandai sebuah DD40X pada jenis eksterior kabin, sementara itu yang ada pada sebuah literatur yang ada pada EMD ini secara tidak konsisten ini juga sudah menyebut model ini menjadi sebagai DD-40X ataupun DDA40X.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Lokomotif BR Standard Class 8

Lokomotif DDA40X UP adalah puncak dari eksperimen perusahaan dengan lokomotif yang sangat kuat yang dimulai denganlokomotif turbin gas-listrik dan DD35. Bagi pabrikan Merck, pembangunan lokomotif kerangka tunggal paling kuat di dunia merupakan tanda dominasi perusahaan di pasar lokomotif diesel Amerika Utara, dengan hanya GE Transportation yang menjadi pesaing yang setara. DDA40X juga memelopori sejumlah teknologi baru yang akan dimasukkan ke dalam desain Merck masa depan.

Pada akhirnya, UP tidak melanjutkan dengan lokomotif yang sangat kuat seperti DDA40X yang dibangun di atas kerangka tunggal, melainkan bergerak ke arah daya terdistribusi menggunakan lokomotif yang lebih kecil yang mendekati kisaran 4.000 hp. Semua lokomotif ini dihentikan antara tahun 1984 dan 1986, dengan satu-satunya pengecualian DDA40X #6936, yang terus beroperasi untuk Union Pacific sebagai anggota Armada Warisan Union Pacific.

Sejarah

Pada tahun 1969, Union Pacific mempensiunkan lokomotif listrik turbin gas terakhir mereka . Mulai tahun 1963, Union Pacific telah memesan EMD DD35 dan DD35A untuk menggantikan turbin, dan DDA40X merupakan pengembangan lebih lanjut. DDA40X pertama, UP 6900, dikirimkan pada April 1969, pada waktunya untuk berpartisipasi dalam perayaan ulang tahun keseratus penyelesaian Rel Kereta Lintas Benua Pertama yang mengemudikan “Gold Spike Limited”; ia tiba di Salt Lake City , Utah , pada pagi hari tanggal 10 Mei 1969. Untuk menghormatinya, kelas tersebut dijuluki “Centennials” dan pemilihan nomor lokomotif pada tahun 6900-an dibuat untuk alasan yang sama. Empat puluh enam lagi dibangun antara Juni 1969 dan September 1971, dengan nomor 6901 hingga 6946.

DDA40X memiliki panjang 98 kaki (30 m). Bingkai dibuat oleh John Mohr Company of Chicago, karena terlalu besar untuk pabrik Merck. Penggunaan lebih dari satu penggerak utama dalam satu lokomotif bukanlah hal baru; Seri – E adalah lokomotif bermesin ganda yang populer, dan Baldwin telah memproduksi (tetapi tidak menjual) lokomotif dengan empat mesin diesel.

“X” dalam nomor model berarti eksperimental, karena DDA40X Centennials adalah tempat uji untuk teknologi yang akan digunakan untuk produk Merck masa depan. UP sering menggunakan lokomotif ini untuk mengangkut barang-barang berat. Setiap unit berhasil berlari sekitar 2 juta mil (3,2 juta kilometer) sebelum dihentikan dari layanan pendapatan pada tahun 1985. Sistem kontrol elektronik modular yang kemudian digunakan dalam model EMD Dash-2 pertama kali digunakan pada DDA40X dan 4200 HP SD45X. Semua unit DDA40X menyertakan sirkuit uji beban baru, yang resistor pengereman dinamisnya memungkinkan unit untuk memuat uji tanpa kotak uji beban sisi trek.

DDA40X memiliki hidung lebar yang mirip dengan yang ada pada unit penutup mesin F45 dan FP45 . Kabin ini sangat mirip dengan kabin kenyamanan Kanada yang diperkenalkan oleh Canadian National pada tahun 1973, meskipun tanpa penguatan struktural dari desain Kanada.

Eksperimen lain dilakukan selama masa pakai lokomotif ini. Beberapa unit dilengkapi dengan sirene serangan udara Federal Signal Thunderbolt untuk memperingatkan personel sisi lintasan ketika jauh dari perlintasan sebidang, tetapi hasilnya tidak meyakinkan. Tes lain termasuk komponen listrik modular, yang berhasil. Ini membuat diagnosis masalah listrik lebih mudah. Modifikasi ini digunakan di semua lokomotif masa depan yang dibangun oleh Merck. Gearing adalah 59:18, memungkinkan 80 mph di kereta barang.

Terlepas dari kinerja yang sangat baik dan efisiensi yang relatif baik, unit-unit ini mahal untuk dirawat yang pada akhirnya mendorong Union Pacific untuk mulai menghentikannya pada tahun 1984. Semua dipensiunkan pada tahun 1986. Sebelas unit DDA40X disimpan oleh berbagai museum, sementara unit lain bertahan sebagai sumber. suku cadang untuk lokomotif lainnya. UP 6936 , satu-satunya unit operasi, dimiliki oleh Union Pacific dan digunakan dalam layanan perjalanan.

Contoh yang bertahan

Tiga belas DDA40X bertahan hari ini, termasuk No. 6936, yang masih beroperasi dengan Union Pacific, tetapi disimpan, dan diyakini dapat dioperasikan.

  • 6900 – Taman Kenefick , Omaha, Nebraska . DDA40X pertama dibangun, terletak di sebelah lokomotif Big Boy 4023.
  • 6901 – Taman Ross, Pocatello, Idaho .
  • 6911 – Museum Teknologi Meksiko , Mexico City .
  • 6913 – Museum Kereta Api Amerika , Frisco, Texas .
  • 6915 – Southern California Chapter, Masyarakat Sejarah Kereta Api dan Lokomotif , Fairplex , Pomona, California .
  • 6916 – Museum Kereta Api Negara Bagian Utah , Ogden, Utah .
  • 6922 – Taman Cody , Platte Utara, Nebraska .
  • 6925 – Disimpan di halaman rel Kereta Api Selatan Dakota yang terletak di Chamberlain, Dakota Selatan , telah digunakan sebagai sumber suku cadang dan untuk penyimpanan bahan bakar. Sekarang dimiliki oleh Museum Kereta Api Nebraska , dengan uang dikumpulkan untuk memindahkannya ke rumah barunya di Kota Nebraska, NE .
  • 6930 – Museum Kereta Api Illinois , Union, Illinois . Dapat digunakan sebagai kabin kontrol tetapi tidak sebagai lokomotif penuh karena mesin dan motor saat ini tidak beroperasi.
  • 6936 – Dalam pelayanan dengan Armada Warisan Union Pacific .
  • 6938 – Batu Kecil Utara, Arkansas . Duduk di depan Fasilitas Lokomotif Jenks.
  • 6944 – Museum Transportasi , St. Louis, Missouri . No. 6944 dikirim ke Altoona pada Juli 2014 untuk restorasi kosmetik, yang selesai pada Mei 2015. Lokomotif kembali ke St. Louis pada Juni 2015.
  • 6946 – Museum Kereta Api Pasifik Barat , Portola, California . DDA40X terakhir dibuat, cukup lengkap dan pada tampilan statis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.