Mengenal Tentang skala O Lebih Jauh

Mengenal Tentang skala O Lebih Jauh – Rasio O( ataupun O gauge) merupakan rasio yang lazim dipakai buat sepur api mainan serta pemodelan pemindahan sepur api. Dipublikasikan oleh produsen mainan Jerman Märklin dekat tahun 1900, pada tahun 1930- an juru ukur O arus hilir- mudik 3 jalan kereta api merupakan rasio sepur api bentuk sangat biasa di Amerika Sindikat serta senantiasa begitu hingga dini 1960- an. Di Eropa, popularitasnya menyusut saat sebelum Perang Bumi II sebab identifikasi rasio yang lebih kecil.

Mengenal Tentang skala O Lebih Jauh

machinist-materials.com – O gauge mempunyai era kejayaannya kala bentuk jalan kereta api sepur api dikira mainan, dengan lebih menekankan pada bayaran, energi kuat, serta keahlian buat dengan gampang ditangani serta dioperasikan oleh tangan pra- dewasa. Perinci serta realisme merupakan atensi inferior, sangat mahal.

Ini sedang senantiasa jadi opsi terkenal untuk para penghobi yang menikmati sepur api lebih dari yang mereka nikmati pandangan pemodelan yang lain, namun kemajuan dalam sebagian tahun terakhir sudah menanggulangi kebingungan kreator sepur bentuk rasio membuat rasio O terkenal di golongan pemodel rasio lembut yang menghormati perinci yang bisa digapai.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Skala dan Pengukur Kereta Model

Dimensi O lebih besar dari aturan posisi OO/ HO, serta dengan begitu ialah aspek dalam membuat ketetapan buat membuat aturan posisi juru ukur O. Mengakulasi sepur O gauge vintage pula terkenal serta terdapat pasar buat bentuk pembiakan serta vintage.

Sejarah

Julukan buat juru ukur O serta rasio O berawal dari” juru ukur 0[nol]” ataupun” Juru ukur 0″ yang lebih kecil dari Juru ukur 1 serta standar lain yang terdapat dikala itu. Itu terbuat beberapa sebab produsen mengetahui sepur terlaris mereka merupakan yang dibentuk dalam rasio yang lebih kecil.

Di Amerika Sindikat, pabrikan semacam Ives Manufacturing Company, American Flyer, serta Lionel Corporation memakai juru ukur O buat lini perhitungan mereka, menjual bagus Juru ukur 1 ataupun Juru ukur luas( pula diketahui selaku juru ukur standar) selaku sepur bermutu mereka. Salah satu sepur sangat terkenal dari Lionel Corporation, Induk kereta api Bungkus Baja 203, merupakan O gauge serta berjalan di atas jalan kereta api dengan jarak jalan kereta api 1, 25 inci. The Great Depression dihapuskan permohonan buat sepur yang lebih besar mahal, serta 1932, O mengukur merupakan standar, nyaris dengan cara default.

Sebab pengepresan pada angka game, rasio sepur api juru ukur O pra- Perang Bumi II bermacam- macam. Detail Märklin melantamkan rasio 1: 43. 5. Tetapi, banyak konsep yang rasio 1: 48 ataupun rasio 1: 64. Sepur Marx dini serta sepur api tingkatan pendatang baru, umumnya dibuat dari lempengan timah yang diberi litograf, tidak diskalakan serupa sekali, terbuat dengan nisbah yang abnormal dengan jauh yang serupa dari bagian rasio HO(” separuh O”), namun luas serta tingginya nyaris serupa. bagian rasio O. Tetapi seluruh konsep ini berjalan di rute yang serupa, serta, terkait pada pabrikan mobil, sering- kali bisa digabungkan bersama serta dijalani selaku bagian dari sepur yang serupa.

Sehabis Perang Bumi II, pabrikan mulai lebih mencermati rasio, serta induk kereta api pasca- perang serta gerbong mengarah lebih besar serta lebih realistis dari rekan- rekan mereka tadinya. Ini sudah terlihat dalam pergantian julukan dari O gauge ke O scale: gauge cuma melukiskan jarak antara jalan kereta api, sedangkan rasio melukiskan perbandingan dimensi bentuk yang berhubungan dengan prototipe bumi jelas.

Semenjak dini 1990- an, O produsen rasio sudah mulai menaruh lebih menekankan pada realisme, serta rasio sudah hadapi kebangkitan di ketenaran, walaupun sedang takluk terkenal dibandingkan HO ataupun N rasio. Tetapi, pabrikan yang lebih terkini tercantum MTH Electric Trains, Lionel, LLC, Denah Bentuk Railroad Co serta Weavermodels membuat bentuk sepur rasio 1: 48 yang amat pas. Di Inggris yang berkuasa produsen O juru ukur saat sebelum Perang Bumi II merupakan Meccano Ltd. yang dari tahun 1920 memproduksi bermacam bentuk jarum jam serta listrik dengan julukan” Hornby”.

Standar

Perbandingan dalam bermacam standar juru ukur O serta rasio O bisa membuntukan. Jalan kereta api sepur api bentuk juru ukur O umumnya mempunyai jarak jalan kereta api 1, 25 in( 31, 75 milimeter) dengan standar National Bentuk Railroad Association( NMRA) Amerika Sindikat yang membolehkan jarak antara 31, 75 milimeter serta 32, 64 milimeter.

Rasio serta pengukur

Rasio merujuk pada dimensi bentuk relatif kepada subjek berdimensi penuh faktual yang diwakili, sebaliknya juru ukur merupakan luas jalan bentuk. Track bentuk yang sangat banyak dibuat dengan cara menguntungkan merupakan kompromi antara performa serta dataran kabur yang leluasa permasalahan.

Skala

Rasio merupakan perbandingan format bentuk dengan format kehidupan jelas. O Rasio di Inggris biasanya 1: 43. 5 ataupun 7 milimeter buat kaki, di daratan Eropa biasanya 1: 45 walaupun 1: 43. 5 pula dipakai paling utama di Perancis, serta di Amerika Sindikat 1: 48. Tiap area mengarah mengonsep bentuk dengan skalanya sendiri. The NMRA serta MOROP standar menjaga rinci buat bermacam rasio buat menolong kreator bentuk membuat bentuk interoperable.

Pengukur

Gauge merujuk pada jarak antara pinggir bagian dalam jalan kereta api penahan bobot. Bermacam dimensi track juru ukur yang terdapat di semua bumi serta wajar O mengukur track ialah perlengkapan ukur standar dari 1435 milimeter( 4 ft 8+1/ 2 di).

“O gauge” merujuk pada jalan yang berjarak1, 25 in( 31, 75 milimeter). Dikala dipakai sebagaitrekpengukur kecil, juru ukur O membolehkan rasio semacam 1: 32 yang mewakili1. 000 milimeter( 3 ft 3+3/ 8 di) mengukur track. 1: 20 mewakili600 milimeter( 1 kaki 11+5/ 8 di) kecil sepur api.

Pabrikan bentuk regional merancang rolling stock rasio O mereka dengan perbandingan rasio regional yang kecil— pabrikan mensupport rolling stock mereka dengan track yang terbuat dengan rasio regional yang serupa, jadi tidak terdapat luas umum buat track bentuk O- gauge.

Bentuk bisa menggantikan jarak jalan juru ukur standar bumi jelas 1. 435 milimeter dengan memilah bermacam jarak semacam 30 milimeter (1. 181 in) pada rasio 1: 48, 1, 25 in( 31, 75 milimeter) pada rasio 1: 45. 2, 32 milimeter( 1, 26 inci) pada rasio 1: 44, 8, 32, 96 milimeter( 1, 298 inci) pada rasio 7 milimeter:

1 kaki, serta 33 milimeter( 1, 3 in) pada rasio 1: 43, 5. Kreator bentuk memilah rasio mereka bersumber pada banyak estimasi tercantum pasar yang terdapat, permasalahan estetika, serta kompatibilitas dengan bentuk yang terdapat.

Rute luas ataupun sempit

Sebagian pemodel skala- O memilah buat memodelkan prototipe tidak hanya juru ukur standar serta menjajaki juru ukur luas( pula diketahui selaku juru ukur luas) ataupun jalan kereta api juru ukur kecil.

Tidak terdapat standar buat bentuk rute luas ataupun kecil, serta pemodel yang mau melukiskan rute sepur api semacam itu membangunnya sendiri, ataupun lebih biasa menyambut kekurangan rute bentuk juru ukur luas ataupun kecil yang cocok.

16, 5 milimeter( 0, 65 inci), 12 milimeter( 0, 472 inci) serta 9 milimeter( 0, 354 inci) merupakan luas jalan yang lebih terkenal yang dipakai oleh penggemar dalam ruangan yang memodelkan juru ukur kecil. Perbandingan dalam rasio regional membagikan juru ukur prototipe yang berlainan buat luas jalan bentuk yang berlainan ini.

Misalnya, memakai track juru ukur 16, 5 milimeter( 0, 65 in) yang dibuat dengan cara spesial, diskalakan pada 7 milimeter ke kaki( dengan bantalan yang lebih besar, spasi yang pas, dan lain- lain.) di bawahnya:

Sepur melaju rasio UK O( 1: 43, 5), jadi jalan kecil berdimensi 2 kaki 4 inci( 711 milimeter), serta diucap selaku” Di 16, 5″[pemodel melukiskan juru ukur antara 2 kaki( 610 milimeter) serta 3 kaki( 914 milimeter)]. Rolling stock rasio O Eropa( 1: 45 ataupun 1: 43, 5 di Prancis), jadi jalan kecil sejauh 750 milimeter( 2 ft 5+1/ 2 di), serta diucap selaku” Oe” melukiskan sebuah750 mmprototipe.

Juru ukur O- 27 merupakan versi Amerika Sindikat yang asal- usulnya sedikit tidak nyata. Sebagian ahli sejarah menyangkutkan penciptaannya dengan American Flyer kepunyaan AC Gilbert Company, namun Ives Manufacturing Company memakai jalan O- 27 di set tingkat dini paling tidak satu dasawarsa saat sebelum Gilbert membeli Flyer.

Standar modern buat O- 27, bagaimanapun, ditetapkan sehabis tahun 1938 oleh Gilbert, yang menskalakan induk kereta api serta gerbong ke rasio 1: 64. Sehabis Perang Bumi II, aplikasi ini dilanjutkan oleh Louis Marx and Company, yang memakainya di semua lini produknya, serta Lionel, yang memakainya buat sepur api tingkatan pendatang baru.

Track O- 27 mempunyai luas yang serupa dengan track juru ukur O lazim, namun tingginya sedikit lebih pendek serta mempunyai jalan kereta api yang lebih pipih dari track juru ukur O konvensional. Suatu shim di dasar track O- 27 membolehkan pemakaian track O serta O- 27 dengan cara berbarengan.

Julukan O- 27 berawal dari dimensi lekukan jalan. Suatu bundaran yang dibuat dari 8 buah track juru ukur O membengkok 45 bagian standar hendak mempunyai garis tengah 31 inci( 787 milimeter). Suatu bundaran yang dibuat dari 8 buah track O- 27 membengkok 45 bagian berdimensi lebih kecil, dengan garis tengah 27 inci( 686 milimeter). Mobil O berdimensi penuh sering- kali hadapi kesusahan membicarakan kurva yang lebih kencang dari aturan posisi O- 27.

Walaupun mobil litograf timah yang lebih kecil oleh American Flyer, Marx, serta yang lain mendahulukan standar resmi O- 27, mereka pula kerap diucap O- 27, sebab mereka pula bekerja dengan sempurna di rute O- 27. Marx bisa jadi sudah membaktikan semua lininya buat 0- 27, namun Lionel Corporation senantiasa memproduksi jalan serta sepur O- 27. Jalan kereta api berupa tabungnya merupakan standar dari masa pelat timah.

Juru ukur Super- O

” Super- O gauge” merupakan versi yang berawal dari kemauan Lionel buat membuat jalan yang nampak lebih realistis serta tingkatkan pemasaran yang menyusut di akhir 1950- an.

Standar rasio yang tepat

Rolling stock rasio O Amerika Sindikat( 1: 48), jadi track berdimensi kecil 2 ft 6 in( 762 milimeter), serta diucap selaku” On 2(“( ataupun On30, semacam dalam 30 inci).

Juru ukur O- 27

Juru ukur O- 27 merupakan versi Amerika Sindikat yang asal- usulnya sedikit tidak nyata. Sebagian ahli sejarah menyangkutkan penciptaannya dengan American Flyer kepunyaan AC Gilbert Company, namun Ives Manufacturing Company memakai jalan O- 27 di set tingkat dini paling tidak satu dasawarsa saat sebelum Gilbert membeli Flyer.

Standar modern buat O- 27, bagaimanapun, ditetapkan sehabis tahun 1938 oleh Gilbert, yang menskalakan induk kereta api serta gerbong ke rasio 1: 64. Sehabis Perang Bumi II, aplikasi ini dilanjutkan oleh Louis Marx and Company, yang memakainya di semua lini produknya, serta Lionel, yang memakainya buat sepur api tingkatan pendatang baru.

Track O- 27 mempunyai luas yang serupa dengan track juru ukur O lazim, namun tingginya sedikit lebih pendek serta mempunyai jalan kereta api yang lebih pipih dari track juru ukur O konvensional. Suatu shim di dasar track O- 27 membolehkan pemakaian track O serta O- 27 dengan cara berbarengan.

Julukan O- 27 berawal dari dimensi lekukan jalan. Suatu bundaran yang dibuat dari 8 buah track juru ukur O membengkok 45 bagian standar hendak mempunyai garis tengah 31 inci( 787 milimeter). Suatu bundaran yang dibuat dari 8 buah track O- 27 membengkok 45 bagian berdimensi lebih kecil, dengan garis tengah 27 inci( 686 milimeter). Mobil O berdimensi penuh sering- kali hadapi kesusahan membicarakan kurva yang lebih kencang dari aturan posisi O- 27.

Walaupun mobil litograf timah yang lebih kecil oleh American Flyer, Marx, serta yang lain mendahulukan standar resmi O- 27, mereka pula kerap diucap O- 27, sebab mereka pula bekerja dengan sempurna di rute O- 27. Marx bisa jadi sudah membaktikan semua lininya buat 0- 27, namun Lionel Corporation senantiasa memproduksi jalan serta sepur O- 27. Jalan kereta api berupa tabungnya merupakan standar dari masa pelat timah.

Juru ukur Super- O

” Super- O gauge” merupakan versi yang berawal dari kemauan Lionel buat membuat jalan yang nampak lebih realistis serta tingkatkan pemasaran yang menyusut di akhir 1950- an.

Standar rasio yang tepat

Ketidakpuasan dengan standar ini menimbulkan standar yang lebih cermat buat cakra serta jalan yang diucap Proto: 48 Ini menduplikasi rasio yang pas dari standar jalan serta cakra AAR. Di Inggris terdapat sistem ScaleSeven yang seragam. Track gauge umumnya dipakai buat 0 dari 32 milimeter ataupun mendekati 1+1/ 4

inci buat Standar juru ukur( 1435 milimeter( 4 ft 8+1/ 2 di)) kurang lebih sebanding dengan5 ft( 1. 524 milimeter) di 1: 48 rasio, 4 ft 8+1/ 2 di( 1435 milimeter) di 1: 45 dan4 ft 6+1/ 2 di( 1384 milimeter) pada 1: 43, 5.

Bisa jadi sebab sistem perkeretaapian Amerika berdimensi besar, pemodelan rasio yang cermat dalam juru ukur standar O tidak sering terjalin di Amerika Sindikat, walaupun pemodelan juru ukur kecil jauh lebih biasa. Terdapat 4 standar juru ukur kecil yang biasa, serta perbandingan antara On3, On2, On30, serta On18 kerap jadi pangkal kebimbangan.

On3 merupakan pemodelan rasio pas 1: 48 dari prototipe juru ukur 3 kaki( 914 milimeter), sebaliknya On30 merupakan pemodelan 1: 48 dari prototipe juru ukur 2 kaki 6 inci( 762 milimeter), On2 merupakan pemodelan 1: 48 dari 2 kaki( 610 milimeter).) prototipe juru ukur, serta On18 merupakan pemodelan 1: 48 dari prototipe juru ukur 18 inci( 457 milimeter). On30 pula terkadang diucap On2½.

Sebab juru ukur On30 amat sesuai dengan jalan HO, perlengkapan On30 umumnya bekerja pada jalan rasio HO standar. Sedangkan banyak kreator bentuk On30 membuat dini perlengkapan mereka, ijab menguntungkan di On30 lumayan biasa serta sering- kali amat ekonomis, dengan Bachmann Industries jadi produsen yang sangat biasa ditemui. Para penghobi yang memilah buat membuat bentuk dalam salah satu standar juru ukur O ini kesimpulannya membuat beberapa besar, bila tidak seluruh, perlengkapan mereka bagus dari kit ataupun dari dini.

Alokasi daya

Bentuk yang terbuat dengan rasio 1: 43, 7 milimeter: 1 kaki( 1: 43, 5), rasio 1: 45, ataupun rasio 1: 48 bisa berjalan di jalan 2 jalan kereta api yang nampak realistis memakai arus searah( Biasanya diketahui selaku 2- Rail O), ataupun pada jalan kereta api energi ketiga tengah ataupun sistem pasokan stud tengah. Bila memodelkan sistem semacam itu, jalan kereta api ketiga eksternal ataupun cadangan overhead bisa dipakai.

Sedangkan 2 jalan kereta api O dengan cara konvensional lebih terkenal di Eropa, serta 3 jalan kereta api berenergi arus hilir- mudik lebih terkenal di Amerika Sindikat, 2 jalan kereta api O dikala ini hadapi kebangkitan ketenaran di Amerika Sindikat, sebab melonjaknya ketersediaan buat melaksanakan bentuk dari sebagian produsen. Kemajuan terkini dari sistem energi Pengawasan Aba- aba Digital( DCC) dengan suara bawaan pula sudah tingkatkan ketenaran 2 bentuk rasio jalan kereta api O.

Bentuk metal die- cast cocok dengan rasio O

Banyak produsen memproduksi bentuk die- cast truk, mobil, bis, perlengkapan arsitektur, serta alat transportasi lain dalam rasio yang cocok dengan ataupun mendekati dengan sepur bentuk rasio O. Ini ada dalam rasio 1: 43, rasio 1: 48 serta rasio 1: 50. Produsen tercantum Conrad, NZG, Corgi, TWH Collectibles. Ertl, serta banyak yang lain. Ini terkenal di golongan kolektor serta gampang ditemui.

Area geografis

Eropa( tidak hanya Inggris serta sisa Uni Soviet) Rasio 0 merupakan salah satu rasio yang didefinisikan oleh NEM selaku rasio 1: 45. Tetapi, buat alibi historis mereka memakai nilai” nihil” dari graf selaku julukan buat rasio.

Suasana yang mendekati dengan yang terjalin di Inggris terjalin di daratan Eropa, walaupun pasar kurang berkeliling di dekat kit serta lebih banyak di dekat bentuk metal ciptaan tangan yang mahal buat kolektor berkantong tebal. Tidak hanya itu,

Sistem Sepur Listrik yang berplatform di Republik Ceko mulai memproduksi serta menjual sepur api rasio 1: 45 timah litograf pada tahun 1991, mengambil kelebihan juru ukur O dibanding dimensi yang lebih kecil buat aturan posisi lantai non- permanen serta aturan posisi luar ruangan. Industri Spanyol Pandau memproduksi rute sepur tinplate yang lebih kecil, bersumber pada konsep yang berawal dari tahun 1906.

Di Jerman satu set sepur api berdimensi kecil dibuat oleh Fleischmann, berjalan di rute 16, 5 milimeter( 0, 65 in), rasio ini diucap” 0e”( 750 milimeter (2 ft 5+1/ 2di) prototipe). Sepur itu dipromosikan selaku sepur mainan kanak- kanak( Sepur Fantastis),

namun dibentuk dengan cara cermat sehabis prototipe Austria serta tingkatkan atensi dalam membuat aturan posisi juru ukur kecil di Jerman serta Austria dengan cara penting. Semenjak tahun 2006 ada lagi sebagian bentuk plastik skala- O dengan harga terjangkau, dibuat oleh developer DCC Lenz.

Pada tahun 1970- an bagus agen Italia Rivarossi serta 5 menciptakan beberapa besar bentuk” 0″, paling utama sepur api Italia serta Jerman, setelah itu gerbong serta gerbong dari Swiss.

Pada akhir 1970- an bentuk Orient Express ciptaan tangan bisa ditemui di sebagian gerai kegemaran Jerman, bersama dengan perlengkapan lain yang amat perinci. Merk spesial buat prosesi besar merupakan Lemaco, Fulgurex, Euro Train, Markscheffel& Lennartz, membuat bentuk dalam jumlah kecil.

Sisa Uni Soviet

Antara tahun 1951 serta 1969, beberapa terbatas susunan sepur juru ukur O dibuat di Uni Soviet. Menggunakan rute serta tekanan yang serupa dengan rekan- rekan mereka di AS, induk kereta api serta mobil beraneka warna menyamai konsep pra- Perang Bumi II dari pabrikan

AS Lionel serta American Flyer serta skrupnya nyaris sama dengan konsep Flyer Amerika saat sebelum perang. Sebagian perbandingan dalam perkeretaapian AS serta Soviet teruji dari menyamakan set Soviet dengan set AS,

paling utama dalam konsep gerbong, yang nampak semacam gerbong American Flyer dengan jendela ditambahkan, yang memantulkan pemakaian gerbong Soviet buat mengangkat peliharaan, semacam dan benda barangan. Serupa semacam rekan- rekan mereka di AS, sepur juru ukur Soviet O merupakan mainan, bukan bentuk dengan rasio akurasi.

spesifikasi

  • perbandingan rasio: 1: 48
  • juru ukur: 32 mm
  • juru ukur prototipe: 1, 524 milimeter( 5 kaki)

Dalam adat populer

Rasio ini serta juru ukur dipakai buat bentuk Skarloey Sepur Api induk kereta api serta rolling stock buat seri 4 dari Thomas the Tank Engine& Friends. Tetapi, arsitektur mesin menyebabkan kesusahan sepanjang pembuatan film.

Seri 5 memberitahukan bentuk mesin serta rolling stock terkini, yang lebih besar dari mesin serta persediaan gauge 1 standar namun sedang berjalan di track O gauge.

Mereka dipakai hingga seri 12 saat sebelum alih ke kartun CGI. Bentuk rasio kecil terkadang sedang timbul, umumnya kala berhubungan dengan mesin juru ukur standar juru ukur 1 di seri 5, 7( kutipan persediaan), 9 serta 10 danMemanggil Seluruh Mesin!.

Leave a Reply

Your email address will not be published.