Cara Mengganti Roda Kereta Model

Cara Mengganti Roda Kereta ModelRoda hanyalah roda, bukan? Sebenarnya, ada banyak jenis roda pada kereta nyata dan model . Menempatkan yang tepat di bawah rolling stock Anda dapat membuat perbedaan besar dalam cara kereta Anda berjalan.

Cara Mengganti Roda Kereta Model

Ukuran diperhitungkan

machinist-materials – Roda datang dalam berbagai ukuran. Untuk mobil barang dan penumpang, ukuran roda berdiameter 28 inci, 33 inci, dan 36 inci adalah yang paling umum. Roda 28 inci terkadang ditemukan pada peralatan yang lebih tua tetapi paling sering terlihat di zaman modern pada autorack multi-level di mana tujuannya adalah mengurangi ketinggian mobil sebanyak mungkin.

Roda 33 inci telah menjadi ukuran paling umum di sebagian besar abad ke-20. Roda 36 inci terlihat pada mobil modern, terutama gerbong, gerbong tertutup, gerbong tangki, dan gondola batu bara. Roda lokomotif bisa hadir dalam ukuran yang lebih besar lagi.

Memilih ukuran yang tepat sangatlah penting karena mengubah ukuran roda akan mengubah ketinggian mobil. Jika coupler dipasang pada bodi mobil, ketinggiannya juga akan diubah.

Selain ukuran, ada banyak perbedaan detail konstruksi lainnya pada velg prototipe. Sebagian besar sulit dibedakan dalam bentuk model. Salah satu variasi yang paling sering dimodelkan adalah pola rusuk di bagian belakang roda. Ini sering ditemukan di atas roda selama paruh pertama abad ke-20. Tulang rusuk berfungsi seperti kipas untuk membantu mendinginkan rem dan jurnal. Dengan adopsi bantalan rol pada paruh kedua abad ini, roda belakang berusuk menjadi semakin tidak umum.

Baca Juga : Tips Menggunakan Jalur Melengkung Dengan Kereta Model

Mengapa Anda Harus Mengganti Roda?

Anda mungkin berpikir bahwa gulungan kereta Anda sudah ditemukan, jadi mengapa Anda harus mengganti rodanya?

Mungkin tidak. Banyak model saat ini sudah dilengkapi dengan roda logam yang dapat berputar bebas. Namun, model lama, terutama yang memiliki roda plastik, mungkin mendapat manfaat dari satu set roda baru.

Roda plastik tidak hanya memiliki gesekan yang lebih besar pada rel, tetapi juga lebih mudah mengumpulkan kotoran daripada logam. Penumpukan kotoran pada roda menyebar kembali ke rel dan dapat menyebabkan masalah elektrik pick-up. Kotoran yang berlebihan pada roda itu sendiri bahkan dapat menyebabkan tergelincirnya roda.

Roda logam menggelinding lebih bebas dan lebih mudah dibersihkan . Roda yang lebih berat cenderung menangani ketidaksempurnaan di trek dengan lebih baik juga. Manfaat tambahan, Anda akan mendapatkan sedikit lebih banyak suara “klik-klik” saat kereta melintasi sambungan rel. Karena berguling lebih bebas, lokomotif Anda akan mampu menarik kereta yang lebih panjang.

Selain roda itu sendiri, jurnal juga berdampak besar pada seberapa baik truk akan menggelinding. Jurnal adalah tempat ujung as roda di rangka samping truk. Jurnal model jauh lebih mendasar daripada prototipe. Sebagian besar model truk saat ini terbuat dari plastik sementara beberapa lainnya terbuat dari logam. Plastik di atas plastik, logam di atas plastik, atau logam di atas logam, poros terbaik adalah yang pas dengan rangka sampingnya. Pilih poros yang cukup longgar untuk berputar bebas, tetapi tidak terlalu longgar sehingga akan bergoyang di saku.

Tambahkan Sedikit Minyak

Bahkan dengan jurnal yang pas, sedikit oli ringan akan membantu roda Anda tetap berputar. Seperti pada prototipe, jurnal adalah situs gesekan besar. Jika dibiarkan, model “hot box” justru bisa membuat rangka samping atau ujung as roda aus. Hal ini paling umum terjadi jika gandar logam digunakan dengan rangka samping logam. Taruh sedikit oli ringan di rangka samping saat Anda memasukkan roda.

Mengganti Roda

Sebenarnya mengganti roda di sebagian besar rolling stock adalah proses yang sangat mudah. Untuk truk plastik, cukup rentangkan rangka samping ke arah luar dengan hati-hati sampai Anda dapat mengeluarkan roda dan porosnya. Mungkin lebih mudah melakukan ini dengan truk dikeluarkan dari mobil. Beberapa truk logam mungkin memerlukan pembongkaran tambahan. Truk pegas (dengan pegas aktual di antara rangka samping dan guling) memerlukan perawatan khusus untuk mencegah pegas terlepas.

Banyak pabrikan juga membuat rangkaian roda pengganti untuk lokomotif. Biasanya, roda lokomotif dipasang tekan ke poros dan dapat dilepas/dipasang dengan tekanan sedang. Pilih roda pengganti yang dibuat untuk jenis model tersebut.

Mengukur

Salah satu elemen terpenting dari setiap wheelset adalah ukurannya. Jarak roda yang terlalu dekat atau terlalu jauh tidak akan melewati sakelar, penyeberangan, atau bahkan jalur normal. Pengukur dapat diperiksa dengan menggunakan pengukur standar seperti yang dibuat oleh National Model Railroad Association (NMRA). Pengukur NMRA juga dapat memeriksa banyak izin penting lainnya.

Jika roda Anda tidak terukur, lepaskan as roda dari truk. Pegang roda di masing-masing tangan, putar perlahan dan tarik/remas roda untuk menggerakkannya masuk atau keluar sesuai kebutuhan. Ini biasanya dapat dicapai dengan tekanan sedang. Periksa kembali pengukur, dan saat penyetelan sudah final, pasang kembali wheelset.

Memilih Roda yang Tepat

Mungkin bagian tersulit dari mengganti roda adalah memilih roda yang tepat. Ada banyak pabrikan berbeda yang membuat roda pengganti di setiap skala. Sebagian besar produsen roda pengganti menawarkan panduan untuk memilih set yang tepat untuk Anda. Anda tidak harus menggunakan roda pabrikan yang sama pada setiap mobil, tetapi konsistensi dapat membuat pengoperasian menjadi lebih standar dan terkadang membeli dalam jumlah besar dapat menghemat uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.