Cara Membuat Miniatur Kereta Api Mudah Dari Bahan Bekas – Bagi pecinta barang klasik dan unik tentu tidak asing dengan hadirnya miniatur kereta api. Miniatur sejatinya merupakan replika dari suatu kendaraan, bangunan, dan masih banyak lainnya. Tujuan pembuatan miniatur juga beragam namun, kebanyakan sebagai barang koleksi apalagi jika barang sungguhan telah usang atau tidak digunakan lagi. Jika umumnya miniatur memanfaatkan kayu sebagai bahan pembuatnya dan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda yang suka kereta api dan ingin membuat miniaturnya namun, tidak memiliki modal banyak untuk membeli miniatur tidak perlu khawatir. Anda bisa membuat miniatur kereta api sendiri dengan memanfaatkan barang bekas yang berada di sekitar Anda dan tentu saja ramah lingkungan.

Tidak banyak orang tahu, jika barang bekas di sekitar ternyata bisa digunakan untuk membuat suatu barang yang unik dan menarik seperti miniatur kereta api. Barang yang Anda butuhkan pun juga mudah ditemukan. Berbekal kreatifitas dan ketelatenan ini bisa jadi Anda gunakan sebagai ladang penghasilan sampingan Anda atau sekedar untuk koleksi pribadi. Penasaran bagaimana membuatnya? Nah, berikut ini cara pembuatan miniatur kereta api yang mudah dan unik dari anggota agen sbobet yang merupakan pemain judi online profesional yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.

1. Langkah pertama tentu saja siapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat miniatur kereta api. Bahannya cukup mudah didapat diantaranya botol atau kaleng bekas setidakny ada 10 botol atau kaleng yang digunakan, carter, paku, lem, gunting, penggaris, dan terakhir pensil untuk membuat pola.

2. Setelah bahan sudah siap semuanya, langkah selanjutnya adalah potong kaleng pada bagian atas atau ujung dengan bagian bawah kaleng. Usahakan untuk memotongnya serapi mungkin.

3. Setelah kaleng atau botol dipotong barulah kaleng dibelah menjadi lempengan kaleng berbentuk persegi panjang.

4. Langkah selanjutnya, lempengan bentuk persegi panjang tadi digunting menjadi dua bagian. Pastikan 2 bagian tersebut tidak tergulung agar nantinya Anda mudah untuk membentuknya. Ini sebagai pola dasar dari miniatur kereta api.

5. Lempengan yang sudah terbagi tadi lemaskan dan buat pola di atasnya sesuai jenis kereta api yang diinginkan.

6. Ketika pola semua sudah tergambar rapi langkah selanjutnya adalah rangkailah pola tadi menjadi badan kereta api. Agar tidak mudah lepas Anda bisa rekatkan menggunakan lem.

7. Buat lubang pembuangan gas kereta api dengan melipat lempengan tadi. Agar lempengan tadi kuat Anda bisa mengelemnya di bagian kedua ujungnya.

8. Setelah pembuangan gas sudah selesai dibentuk lanjut membuat ban kereta api. Untuk membuat miniatur ban Anda bisa memanfaatkan bagian bawah kaleng yang telah terpotong. Kemudian tempelkan ban tersebut di bagian badan kereta api. Usahakan posisi penempatan sesuai dengan aslinya. Untuk hasil yang bagus dan kuat Anda bisa mengelemnya.

9. Setelah semuanya sudah siap, langkah paling penting adalah rangkailah semua bagian kereta api tersebut menjadi satu kesatuan kereta api yang utuh. Agar kuat dan terlihat rapi, Anda bisa menggunakan lem untuk merekatkannya.

10. Agar miniatur kereta api Anda terlihat lebih cantik dan seperti sungguhan, Anda bisa mengecatnya dengan warna yang sama dengan kereta api sungguhan.

Nah, bagaimana mudah kan membuat miniatur kereta api dari bahan bekas? Anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Selain unik dan mudah membuatnya, Anda pun bisa turut andil untuk mengurangi sampah atau barang tak berguna di sekitar Anda. Tertarik untuk mencobanya? Selamat mencoba semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *