6 Cara Menemukan Model Miniatur Kereta Berkualitas

6 Cara Menemukan Model Miniatur Kereta BerkualitasDengan begitu banyak model kereta api yang berbeda di pasaran, akan sangat sulit untuk mengetahui apakah Anda membeli model yang berkualitas baik atau mainan tiruan yang murah. Model yang baik akan bertahan bertahun-tahun, jika bukan generasi, dengan perawatan yang tepat dan dapat membentuk inti dari hobi yang akan bertahan seumur hidup.

6 Cara Menemukan Model Miniatur Kereta Berkualitas

machinist-materials – Tetapi jika Anda belum pernah mencari model kereta api sebelumnya, membedakannya bisa menjadi tantangan tersendiri. Lagi pula, sebagian besar set tidak akan mengatakan, “Ini akan rusak dalam seminggu,” atau “Semoga berhasil mendapatkan trek ekstra” di kotak.

Kereta model dipilih berdasarkan skala dan kualitas lintasan, daya, roda, dan skrupnya. Beberapa toko lebih cenderung menjual perlengkapan hobi berkualitas tinggi sementara yang lain menjual mainan. Kiat-kiat ini akan mengarahkan Anda ke arah yang benar berdasarkan minat dan anggaran Anda.

Baca Juga : Miniatur Kereta Api: Panduan Melukis Model Lokomotif

1. Skala

Pemodel terkadang mengambil kebebasan dengan kata “skala” dan “pengukur” tetapi keduanya memiliki arti yang berbeda. Kebanyakan set starter sesuai dengan skala N atau HO atau pengukur O atau G. Biasanya dengan N dan HO, ukuran kereta setidaknya relatif mendekati proporsi konstan dengan prototipe (mesin dunia nyata yang menjadi dasarnya). Dengan O dan G, bagaimanapun, produsen dapat membuat kompromi dalam skala untuk mengakomodasi kurva yang lebih tajam atau faktor lain meskipun pengukur lintasan konsisten.

Namun, selama semua kereta beroperasi di jalur (pengukur) ukuran yang sama, Anda biasanya dapat menggunakan peralatan dari pembuat yang berbeda pada tata letak yang sama. Bahkan beberapa kereta mainan dapat dibuat agar sesuai dengan jalur pengukur umum, yang memungkinkan transisi ke rangkaian kereta lengkap.

2. Track

Kebanyakan set starter akan datang dengan trek. Lingkaran atau oval adalah yang paling umum. Jika Anda membeli satu set kualitas, ada beberapa faktor yang akan membantu Anda memisahkan yang baik dari yang buruk dari yang terbaik.

  • Pengukur: Pilih satu set yang sesuai dengan pengukur lintasan umum. Umumnya, trek yang dibangun dengan ukuran umum harus dapat bekerja sama.
  • Plastik vs. logam: Set mainan murah mungkin memiliki trek yang terbuat dari plastik. Kebanyakan set yang bagus akan memiliki trek yang terbuat dari ikatan plastik dan rel logam. Perak nikel adalah rel terbaik untuk konduktivitas dan tidak akan berkarat atau menimbulkan korosi seperti baja atau kuningan.
  • Track roadbed terintegrasi: Banyak set saat ini menyertakan track dengan rel dan pengikat yang dipasang di dasar plastik yang lebih tebal yang dibentuk agar terlihat seperti roadbed ballast dari trek asli. Trek ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan trek tradisional, terutama untuk tata letak sementara. Namun tidak seperti trek tradisional, tidak semua merek dapat dipertukarkan karena tidak ada standar universal untuk desain roadbed. Namun, Anda dapat bergabung dengan trek roadbed tradisional dan terintegrasi atau menggunakan potongan tradisional tersebut sebagai adaptor untuk trek merek lain.

3. Power

Sementara beberapa model pabrikan membuat set starter bertenaga baterai berkualitas untuk mendorong anak-anak kecil untuk menekuni hobi, sebagian besar set di pasaran adalah listrik dan menggunakan transformator yang dihubungkan ke dinding.

Secara umum, catu daya yang disertakan dengan sebagian besar set starter tidak akan memberi daya lebih dari set itu sendiri. Biasanya, paket ini menawarkan operasi maju dan mundur dan kontrol kecepatan. Sensitivitas kontrol itu tidak sebagus dengan paket yang lebih baik.

Sangat mudah untuk meng-upgrade ke catu daya yang lebih besar , atau bahkan sistem kontrol perintah, di kemudian hari saat kereta api Anda berkembang. Paket starter set tetap berguna untuk menyalakan hal-hal seperti lampu dan aksesori.

Ingatlah jika Anda membeli satu set dari luar negeri, Anda mungkin juga perlu mendapatkan adaptor untuk bekerja dengan sistem kelistrikan rumah Anda.

4. Roda dan Skrup

Terkadang hal-hal kecillah yang membuat perbedaan besar. Roda dan skrup mungkin tampak seperti masalah kecil, tetapi karena pengoperasian yang andal bergantung pada suku cadang ini, kualitas membuat perbedaan besar.

Roda logam lebih baik daripada plastik baik untuk pelacakan maupun untuk menjaga rel tetap bersih. Jika set Anda memiliki roda plastik, Anda dapat membeli penggantinya .

Kereta model telah menggunakan berbagai skrup selama bertahun-tahun. Mainan yang lebih murah mungkin datang dengan skrup yang tidak terlihat sangat realistis dan tidak akan dipasangkan dengan mobil lain. Semakin banyak set hari ini datang dengan beberapa bentuk knuckle coupler yang akan bekerja dengan semua mobil. Sekali lagi, logam lebih baik daripada plastik untuk konstruksi, dan coupler yang beroperasi biasanya lebih disukai daripada coupler tetap yang dicetak.

5. Dimana Anda Membeli

Seringkali cara terbaik untuk memastikan Anda membeli satu set kualitas adalah pergi ke tempat yang tepat untuk mendapatkannya. Toko hobi yang berspesialisasi dalam kereta api jauh lebih mungkin memiliki pilihan produk yang dapat diandalkan daripada department store atau toko diskon yang hanya menjual kereta saat Natal. Ada beberapa pengecualian untuk aturan itu tentu saja, dan ada juga banyak set bagus yang tersedia secara online.

Ketika Anda membeli dari toko lokal, Anda akan dapat mendiskusikan pembelian dengan seseorang yang tahu apa yang Anda beli, melihat item tambahan untuk memperluas set, dan membangun hubungan dengan seseorang yang dapat memberi tahu Anda jika terjadi kesalahan nanti.

6. Harga

Memang, Anda sering mendapatkan apa yang Anda bayar. Yang sedang berkata, beberapa set starter berkualitas baik tidak jauh lebih mahal daripada beberapa mainan.

Harga sangat bervariasi dari satu pengecer ke pengecer lain dan berdasarkan isi set tetapi untuk set kualitas yang baik dalam skala paling populer, Anda harus membayar dalam kisaran $150 hingga $400. Untuk harga itu, Anda dapat mengharapkan lintasan oval, lokomotif, tiga hingga empat mobil, dan catu daya. Beberapa set mungkin menyertakan beberapa trek tambahan, mobil, atau aksesori seperti angka, tanda, atau pohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.